Memancing – Biologi – Karakteristik Ikan – Sebuah Pengantar

Memancing - Biologi - Karakteristik Ikan - Sebuah Pengantar

Memancing - Biologi - Karakteristik Ikan - Sebuah Pengantar

Ikan adalah hewan vertebrata yaitu mereka semua memiliki tulang punggung atau tulang . Ada dua kelompok utama dari ikan ikan bertulang Teleosts dan ikan bertulang rawan elasmobranchi yang hidup . Sebagai nama umum menyiratkan kerangka dari teleosts terbuat dari tulang sedangkan elasmobranchi yang hidup memiliki kerangka tulang rawan. Para elasmobranchi yang hidup terdiri hiu pari dan dogfish yang berbeda dari teleosts dalam banyak hal. Para teleosts jauh lebih banyak dengan keragaman spesies yang lebih besar daripada elasmobranchi yang hidup.

Semua ikan adalah perairan dan napas dengan menyerap oksigen terlarut dalam air dengan menggunakan insang mereka. Mayat kedua teleosts dan elasmobranchi yang hidup ditutupi dengan sisik tetapi mereka elasmobranchi yang hidup dari yang runcing dan proyek melalui kulit. Hal ini membuat kulit terasa sangat kasar seperti amplas kasar. Skala dari teleosts memiliki bentuk rata diskoid dan ditutupi oleh lapisan tipis kulit dan lendir yang mungkin mengurangi gesekan antara tubuh dan air di sekitarnya dan membuat mereka sangat licin.

Mekanisme berenang di kedua kelompok ini sangat mirip. Serangkaian kontraksi otot mewariskan setiap sisi ikan bergantian membungkuk dari sisi ke sisi dan mendorong ke belakang dan ke samping terhadap air. Daya tahan air diberikannya kekuatan samping dan ke depan berlawanan pada ikan. Pasukan samping membatalkan satu sama lain tetapi kekuatan maju mendorong ikan ke depan. Pada kedua kelompok ada variasi dalam metode propulsi. Skates dan sinar membuat gerakan bergelombang pada bidang vertikal seperti halnya flatfish seperti plaice. Beberapa teleosts seperti kuda laut mendorong diri mereka sendiri dengan gerakan undulatory sirip punggung mereka.

Secara umum sirip berkontribusi pada stabilitas dan kemudi bukan propulsi. Sirip median punggung dan perut mengurangi daya dorong ke samping gerakan renang dan juga mengurangi kecenderungan untuk berguling dari sisi ke sisi. Sirip dipasangkan membantu untuk mengarahkan ke atas atau ke bawah ikan melalui air dan memberikan kontribusi untuk mengubah dan pengereman. Sirip berpasangan dari elasmobranches diadakan di posisi yang agak kaku sedangkan yang teleosts dengan jointing fleksibel mereka untuk tubuh lebih fleksibel dalam gerakan-gerakan mereka dan sering terlihat bergerak perlahan untuk menjaga ikan dalam posisi stabil.

Dalam teleosts ada kantung udara. An memanjang kantung berisi udara tepat di bawah tulang punggung. Ini kandung kemih udara membuat ikan apung dan mencegah dari tenggelam ketika berhenti berenang. Volume kandung kemih udara dapat disesuaikan untuk mengkompensasi perubahan tekanan pada kedalaman yang berbeda. Para elasmobranchi yang hidup tidak memiliki kantung renang dan sehingga mereka mulai tenggelam jika mereka berhenti berenang.

Meskipun air adalah H O hewan air tidak dapat menggunakan oksigen dari ini. Oksigen yang mereka hirup berasal dari udara yang telah dilarutkan dalam air. Ada empat atau lima pasang insang terletak di dalam rongga mulut. Dalam teleosts mereka dilindungi di luar dengan piring tulang disebut operkulum tersebut. Dengan gerakan dasar mulut dan operkulum ikan menciptakan arus air yang melewati insang-nya. Air dihisap melalui mulut dan dikeluarkan melalui operkulum dalam kasus teleosts dan keluar melalui celah insang terpisah di elasmobranchi yang hidup. Insang adalah pada dasarnya bercabang halus pembuluh darah berdinding tipis yang karena beberapa cabang mereka mengekspos permukaan besar ke air dan memfasilitasi penyerapan oksigen dan kehilangan karbon dioksida.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s