Memancing – Bagaimana Ikan Tidur?

Memancing - Bagaimana Ikan Tidur?

Memancing - Bagaimana Ikan Tidur?

Setiap makhluk di bumi memiliki beberapa cara untuk beristirahat dan begitu juga ikan. Tidur jika didefinisikan sebagai saat istirahat berlangsung mata ditutup dan tidak ada pikiran atau bergerak adalah sesuatu yang terjadi pada ikan. Karena ikan kebanyakan tidak memiliki kelopak mata mereka tidak menutup mata seperti itu tetapi mereka pergi melalui suatu periode ketika tubuh mereka memperlambat dan mereka tidak ke mana-mana. Mungkin dalam kenyataannya lebih banyak istirahat daripada tidur tapi untuk ikan memiliki efek yang sama seperti tidur malam yang memiliki pada manusia. Hal ini juga mengapa dalam akuarium lampu dimatikan sehingga ikan tidur setidaknya sebagian dari setiap hari.

Tidak ada yang tahu mengapa tidur ikan. Mungkin karena seperti pada orang tubuh mereka harus memiliki fase pemulihan atau mungkin karena ikan banyak menyembunyikan diri untuk tidur mereka menggunakannya untuk melindungi diri dari predator dan mendapatkan kembali energi pada saat yang sama. Para ilmuwan telah mempelajari bagaimana tidur ikan atau istirahat dan mereka telah menemukan beberapa hal yang berbeda.

Ikan yang dikenal memiliki saat-saat ketika mereka sedang beristirahat dan tidak menyadari apa yang terjadi di sekitar mereka. Namun mereka tidak pergi ke tidur REM yang mendalam bahwa manusia. Beberapa ikan menghabiskan waktu di-antara menjadi tertidur dan terjaga. Beberapa jenis ikan tidur dengan masuk ke jenis hibernasi. Ambil misalnya ikan Koi. Ikan ini seperti banyak orang lain bereaksi terhadap kedatangan musim dingin suhu dingin dengan pergi ke bagian bawah air. Mereka memperlambat tingkat metabolisme mereka dan menghentikan aktivitas. Dengan ikan Koi sistem pencernaan mereka bahkan menutup off sehingga mereka tidak merasa lapar. Ketika suhu pemanasan mereka muncul kembali ke kedalaman hidup normal mereka.

Jenis lain dari ikan menjadi tidak aktif selama periode cuaca panas dan kering bukan yang dingin. Beberapa ikan tidur di lumpur. Carp adalah salah satu contoh dari perilaku ini seperti lungfish Afrika. Lungfish sering menutupi diri mereka dengan lumpur dan meninggalkan lubang kecil yang akan digunakan untuk menghirup udara. Salah satu yang paling menarik dari semua contoh tidur ikan adalah salah satu gobes yang hidup di Sungai Gangga. Ikan ini luar biasa Mereka menggali liang dan tidur di dalamnya selama bulan-bulan terkering. Mereka bernapas melalui ekornya yang merupakan satu-satunya bagian dari tubuh mereka masih menyentuh air.

Para ilmuwan telah menemukan parrotfish yang hidup di terumbu yang tidur dengan memeras dirinya ke dalam celah-celah. Lalu ia mengeluarkannya lendir yang meliputi seluruh tubuhnya dengan lapisan pelindung dan berangkat tidur. Beberapa hiu pernah benar-benar berhenti bergerak sama sekali karena mereka harus bergerak untuk mendorong air melalui paru-paru mereka sehingga mereka bisa bernapas. Mereka pasti dalam beberapa jenis keadaan istirahat namun tidak ada cara untuk mengetahui apakah itu adalah apa yang kita definisikan sebagai tidur.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s